Twitter

Network Monitoring dengan menggunakan MRTG

Diposting oleh Touya Blog on

Maros -  Artikel kali ini kembali pada networking, kenapa? karena Networking sangatlah penting menurutku untuk pengetahuan tentang IT, karena semuanya berbasis networking, hingga programmer juga membuat aplikasi yang bisa di gunakan dalam networking karena sangat membantu para user computer dalam menyelesaikan pekerjaannya, di samping itu bisa juga sebagai mata pencaharian para pekerja IT, makanya saya angkat artikel yang berjudul Network Monitoring dengan menggunakan MRTG untuk para sahabat Presiden Blog yang butuhkan artikel tentang judul saya ini, daripada tinggal online facebook atau cuma main game, ada baiknya kita membaca, download artikel untuk di baca dirumah, biar ilmu kita bisa bertambah besrsama, karena kata orang, tidak ada ilmu pengetahuan yang tidak bermanfaat, mungkin hari ini tidak, tapi lain kali mungkin bisa di gunakan ilmu yang di dapatkan hari ini, Network Monitoring dengan menggunakan MRTG juga sangat penting untuk anda para sahabar Presiden blog apalagi untuk belajar tentang jaringan komputer ataupun seorang admin networking, tool ini di buat dengan berbasis web, jadi makin ringan untuk di operasikan, hanya bermodal browser, tanpa harus menginstyall aplikasi aplikasi lain. nah, daripada Curhat Curhatnya di lanjut, kita langsung saja ke pembahasan lebih jelasnya.
 
MRTG (Multi Router Traffic Graph) , merupakan tool berbasiskan web yang digunakan untuk melihat status dari jaringan kita. MRTG tidak hanya untuk melihat trafik jaringan, tpai dapat juga digunakan untuk melihat trafik cpu load, memori load. Ada banyak tool seperti MRTG, seperti cacti, ntop, nagios, iptraff. Kali ini saya akan menulis tentang MRTG.
MRTG ini akan digunakan untuk melihat trafik dari server, komputer client dan komputer gateway. karena merupakan server monitoring, maka saya melakukan instalasi di tidak di tiap komputer tersabut, tapi cukup di satu server monitoring. Berikut adalah spek dari server monitoring:
System operasi : Fedora core 4
Prosesor : P3 733 MHz
Memori : 384 MB
HDD : 40 GB
Agar mrtg dapat berjalan baik yang perangkat lunak yang dibutuhkan antara lain :
  1. mrtg
  2. snmp
  3. web server (saya menggunakan apache2.0)
Download Tulisan Lengkap Network Monitoring dengan menggunakan MRTG disini





Silahkan Tinggalkan Pesan

Diposting oleh Touya Blog on Minggu, 02 Desember 2012

{ 0 komentar... read them below or add one }