Twitter

Melihat Lalu Lintas di Network Dengan NTOP

Diposting oleh Touya Blog on

Maros - buat teman teman presiden blog, tutorial hari ini saya akan posting tentang "Melihat Lalu Lintas di Network Dengan NTOP" karena para pengguna dan teknisi jaringan memerlukan sebuah aplikasi untuk melakukan monitor jaringan, salah satu aplikasi / tool untuk melihat atau memonitor jaringan bisa menggunakan tool NTOP ini yang tentunya sangat berguna bagi para teknisi maupun para admin jaringan yang membutuhkannya dalam monitoring jaringannya.
tentunya tool ini bisa di padukan dengan tool lain, seperti Ip Scanner, atau bisa menggunakan Command Promp / Terminal Console untuk membantu melancarkan, admin, walaupun sebenarnya pada tool ini sudah di sediakan semuanya, utnuk memanjakan para admin jaringan dalam melaksanakan pekerjaannya.
yah, lebih mirip dengan mikrotik, tapi mikrotik uty adalah manajemen jaringan, tapi ada juga untuk monitoring traffict netwok yang sangat di perlukan, biasanya koneksi tiba tiba lambat, bisa ketahuan siapa yang lagi download atau lagi iseng pada jaringan kita hehheheee.. mudah mudahan dengan artikel ini bisa membantu untuk para sahabat presiden blog dalam dunia jaringan komputer. wah, sepertinya kebanyak basa basi lagi nih, hahahaa,, tidak apa apalah, yang penting kita bisa saling share apa yang kita miliki. kecuali pacar yah, hehehee

baiklah, sekarang kita mengarah pada pembahasan yang lebih serius, 
NTOP adalah tool untuk melihat traffic di network dan menampilkannya untuk kita dalam bentuk yang luar biasa hebat. NTOP sendiri diklaim sebagai tool network probing open source paling handal, setidaknya menurut saya :) . Berbeda dengan program sejenis seperti cacti, MRTG, nagios, dan lainnya, NTOP lebih tenang dalam penyajian tampilan dan relatif enak dilihat tanpa opsi-opsi dan pilihan-pilihan fitur yang rumit. NTOP melakukan probing hampir sama dengan program top pada linux sehingga admin dapat melihat aktifitas network dengan mudahnya. Hebatnya lagi, tampilannya disajikan secara web based dan enak dilihat.
Komputer server tempat NTOP berdiam memiliki spesifikasi sebagai berikut :
  • System Operasi : Slackware 11.0
  • Prosesor sistem : Pentium III 733 Mhz
  • Memori : 311 MB
  • HDD : 20 GB
Program NTOP membutuhkan beberapa program pendukung seperti :
  1. RRDTool
  2. LibPcap
  3. Graphviz
Dowdload Tulisan Lengkap Melihat Lalu Lintas di Network Dengan NTOP disini



Silahkan Tinggalkan Pesan

Diposting oleh Touya Blog on Selasa, 12 Februari 2013

{ 3 komentar... read them below or add one }

borescope mengatakan...

nice article gan 0-0p

timbangan mengatakan...

kerennn gan banyak banget program pendukung ya

Touya Blog mengatakan...

Thank's Gan... :D